ITB Multi-Kampus

Home / ITB Multi-Kampus
Latar Belakang

(English) Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki 17.504 pulau dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, yaitu 95.181 km (PBB, 2008). Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 adalah 237.641.326 orang (BPS, 2012), dan dengan laju pertumbuhan 1.38% (BPS, 2017). Karena wilayah Indonesia yang begitu luas, maka penyebaran pendidikan tinggi teknik yang berkualitas oleh ITB sangat penting untuk diupayakan. Penyelenggaraan Multi-Kampus ITB bertujuan untuk menumbuhkan dan menyebarluaskan fungsi institut teknologi, pengembangan penelitian dan pendidikan di masa yang akan datang secara nasional sehingga dapat meningkatkan jumlah sarjana teknik di Indonesia. Multi-kampus atau pendirian kampus di luar Ganesha - Bandung merupakan salah satu strategi ITB untuk penyebar-luasan pendidikan tinggi teknik yang berkualitas di tanah air, sekaligus untuk ITB bisa meningkatkan kapasitas dalam menampung jumlah mahasiswa, yang dengan demikian kiprah ITB bagi kepentingan dan kemajuan Nusa dan Bangsa akan dapat terus meningkat. Kampus ITB-Ganesha memerlukan infrastruktur (fisik dan non-fisik) yang mempunyai kemampuan penting dalam menghubungkan berbagai potensi di dalam maupun di luar kampus sejalan dengan perwujudan infrastruktur kampus masa depan (wide-networks).

Pada tahun 2025 jumlah mahasiswa ITB diperkirakan/ditargetkan 25.000 mahasiswa, sementara kampus ITB-Ganesha tidak memungkinkan dapat menampung kapasitas total dari beragam pengembangan yang diamanahkan oleh Rencana Anggaran Dasar dan Rencana Kegiatannya. Disebabkan keterbatasan kapasitas  Kampus  ITB-Ganesha, maka  strategi  ON-G  Campus  dan OFF-G Campus menjadi penting sebagai wujud Kampus ITB di masa mendatang.

Kampus ON-G & OFF-G

(English) A. ON-Ganesha (ON-G) Campus

ON-Ganesha Campus dalam kebijakan multi-kampus ITB berada di Jalan Ganesha No. 10 Bandung, yang merupakan Kampus ITB pertama dan ditetapkan sebagai kampus utama/induk dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Kegiatan utama  kemitraan  dan  jejaring/networking  pada  tingkat  nasional  dan internasional
  • Keberadaan pusat-pusat  utama  pendidikan  dan  penelitian  sebagai  aset  utama pengetahuan dan akademisi ITB
  • Pusat bagi unsur utama yang mendukung keberhasilan ITB mencapai posisi World Class University.
  • Tempat pertumbuhan model budaya dan tradisi keilmuan ITB yang selaras dengan visinya.

B. OFF-Ganesha (OFF-G) Campus

OFF-G Campus adalah kampus yang berlokasi di luar area Jalan Ganesha No.10 Bandung,  yang akan dikembangkan sekaligus sebagai kesempatan untuk mengatasi keterbatasan dan hambatan ITB dalam mengimplementasikan misi  mencapai  visi  ITB.  OFF-G Campus akan difungsikan untuk memperkuat infrastruktur ITB dan memastikan efektivitas dan efisiensi hasil Tri Dharma ITB kepada para stakeholdernya. OFF-G Campus seyogyanya diorientasikan untuk fokus (konsentrasi) pada bidang-bidang tertentu pada setiap Multi-Kampus tersebut.

Di dalam operasinya perlu dibangun sinergitas antara ITB dengan Pemerintah Daerah setempat untuk dapat memaksimalkan peran dan fungsi Multi-Kampus ITB di daerah dimana Multi-Kampus tersebut berada. Penyelenggaraan Multi-Kampus dilaksanakan dengan prinsip akuntabilitas publik dengan mutu setara dengan program-program di Institut Teknologi Bandung Kampus Ganesha. Pengembangan ITB melalui Multi-Kampus ini diharapkan bisa mendorong mutu dan tingkat pendidikan secara adil dan merata bagi masyarakat.

Manfaat Multi-Kampus

(English) A. Manfaat jangka panjang multikampus bagi ITB:

  • Kebijakan multikampus akan menambah energi inovasi teknologi dan pengembangan pengetahuan di garda terdepan dengan peningkatan kapasitas melalui kebijakan ruang untuk fasilitas akademik dan infrastruktur di lokasi kampus baru.
  • Pengembangan multikampus akan mengurangi ketergantungan terhadap Kampus ITB- Ganesha dalam penyediaan fasilitas untuk aktivitas akademik dan akan mengurangi kongesti dan memungkinkan Kampus ITB-Ganesha direstrukturisasi sebagai pusat penelitian dasar dalam kebijakan multikampus.

B. Untuk dukungan pembangunan nasional dan regional:

  • Kampus baru akan menambah kapasitas ITB untuk menampung permintaan regional dan nasional akan pendidikan tinggi teknik dan penelitian untuk kepentingan masyarakat, regional dan nasional.
  • Manfaat jangka panjang untuk menghasilkan lulusan dari program sarjana dan program magister baru yang dibutuhkan untuk pengembangan sumber daya manusia jangka panjang.
Direktorat Pengembangan ITB