Science Techno Park ITB

Home / Proyek Berjalan / Science Techno Park ITB

Iptek dipandang sebagai faktor kapabilitas bangsa. Dalam bentuk komoditas, iptek dapat diperoleh dari pembelian di pasar global, bantuan dari bangsa lain, dan penanaman modal asing. Akan tetapi hal tersebut dapat menjadi faktor penghambat kemajuan bangsa. Kemerdekaan suatu bangsa untuk mewujudkan cita-citanya mempersyaratkan kapabilitas dalam hal iptek secara mandiri, melalui penelitian dan pengembangan dari dalam dan adopsi/adaptasi iptek dari luar.


Sumber daya manusia yang produktif merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi. Dalam perkembangan ekonomi yang bergerak ke arah ekonomi yang berbasiskan pengetahuan, perguruan tinggi memegang peranan penting sebagai institusi yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan produktif serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah kegiatan ekonomi. Selain itu, perguruan tinggi juga berperan sebagai basis penemuan ilmiah dan inovasi, karena banyaknya penelitian yang dilakukan di dalamnya. Perguruan tinggi memegang peran sebagai wadah tempat berkumpulnya insan-insan cendekia dengan varian kompetensi mumpuni yang melahirkan karya-karya intelektual.


Para peneliti terdahulu menganggap bahwa sebuah penelitian harus melalui tahapan eksploitasi komersil sehingga dapat disebut sebagai inovasi (Roberts, 2007 dalam Widjaja, 2011). Beberapa ahli menyebutkan bahwa hasil penemuan dapat disebut sebagai hasil inovasi jika telah melalui proses komersialisasi dan melalui proses komersialisasi ini suatu hasil inovasi dapat berdampak bagi perekonomian dan masyarakat. Melalui komersialisasi hasil penelitian baru dapat dirasakan nilai gunanya oleh pihak-pihak lain. Nilai guna yang dimaksud dapat berupa keuntungan finansial atau dampak positif bagi penggunanya. Inovasi akan memiliki nilai guna yang lebih tinggi bila dapat menciptakan lapangan kerja bari sehingga berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.


Salah satu faktor penting untuk melakukan komersialisasi hasil penelitian adalah dengan mengetahui potensi pasar. Dalam hal ini, pelaku bisnis atau industri lebih memahami keadaan dan kebutuhan pasar. Oleh karena itu, dalam melakukan komersialisasi hasil penelitian sebaiknya dilakukan melalui koordinasi dengan pihak industri. Koordinasi dengan industri dapat mempercepat proses komersialisasi karena pihak industri dapat mempermudah untuk masuk ke pasar yang bersangkutan.


Kondisi yang terjadi saat ini adalah belum terjalinnya komunikasi yang baik antara perguruan tinggi dan industri sehingga kerjasama diantara keduanya masih sangat rendah. Karya-karya penelitian yang selama ini telah dihasilkan oleh perguruan tinggi belum banyak mendapat respon dari kalangan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan wahana untuk mempertemukan perguruan tinggi dan industri. Wahana tersebut menyediakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan inovasi yang melibatkan baik pelaku penelitian maupun industri. Innovation park merupakan salah satu wahana yang menawarkan solusi dalam mengintegrasikan kegiatan penelitian dengan kegiatan bisnis. Innovation Park memfasilitasi transformasi inovasi menuju kelayakan kapasitas industri.


Pengambangan innovation park dapat menjadi sarana untuk menghasilkan produk inovais karya bangsa Indonesia yang mampu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar dan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.


Saat ini Indonesia memiliki keyakinan yang tinggi untuk mendorong perekonomian lebih baik dan lebih cepat, karena itu untuk mewujukan inovasi sebagai salah satu penghela kemajuan ekonomi perlu dikembangkan sistem yang memberikan kemudahan bagi peneliti, masyarakat dan industri untuk bekerja sama memanfaatkan inovasi hasil karya bangsa Indonesia dan sistem tersebut diwadahi dalam suatu infrastruktur inovasi seperti innovation park.


Tujuan
1. Menghasilkan produk-produk inovasi berbasis pengetahuan dan berkelanjutan
2. Melahirkan start up enterprises (perusahaan yang baru merintis usahanya)
3. Komersialisasi hasil-hasil penelitian

Fungsi
1. Mendorong sinergi antara akademisi dengan industri
2. Transfer teknologi dari lembaga pendidikan dan lembaga penelitian kepada masyarakat
3. Menumbuhkan sektor ekonomi berbasis pengetahuan melalui proses inovasi berkelanjutan
4. Menciptakan peluang-peluang bisnis baru dan menciptakan nilai tambah untuk perusahaan-perusahaan yang sedang tumbuh
5. Membangkitkan peluang kerja berbasis pengetahuan
6. Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melahirkan pekerja-pekerja yang handal, memiliki pengetahuan dan keahlian

Status ProyekSedang Berjalan
Kontraktor-
MK-
PengawasanDirektorat Pengembangan
Durasi Proyek2018-
Tahapan PekerjaanSatu tahap
Anggaran-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Direktorat Pengembangan ITB