Gedung Riset dan Museum Energi dan Mineral

Home / Implementasi / Gedung Riset dan Museum Energi dan Mineral

Dengan adanya pengembangan kampus ITB sebagai Multi Kampus maka diperlukan peningkatan sarana dan prasarana. Penataan area Kampus ITB-Ganesha dan sekitarnya merupakan tindak lanjut dari Masterplan ITB pada 2010.


Dalam penataan lingkungan fisik, penataan diarahkan pada perwujudan kampus sebagai lingkungan yang kondusif dalam mendukung proses pembelajaran dan mewujudkan lingkungan kampus yang sehat, bersih dan nyaman. Penataan sarana dan prasarana yang dimaksud mencakup perbaikan, pembangunan sarana dan prasarana fisik baru, penambahan sarana penghubung antar gedung, maupun perbaikan/penambahan infrastruktur pendukungnya.


Kebutuhan fasilitas akibat perkembangan bidang ilmu dan peningkatan jumlah lulusan yang diperlukan

Kapasitas kampus ITB-Ganesha terbatas untuk jumlah ±13.000-15.000 mahasiswa

Jumlah mahasiswa 2017 ±22.000 mahasiswa dan tahun 2025 diproyeksikan menjadi ±30.000

Diperlukan kerjasama dengan berbagai institusi dan mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Selain berfungsi sebagai museum, Gedung Museum Riset dan Energi III juga merupakan bangunan yang terdiri atas ruang laboratorium-laboratorium yang mendukung perkuliahan seperti Physical and Petrophysical Modeling, Lab. Development and Geophysical Instrumentation, Ruang Studio, Ruang Computer and Software Development, 3D Resevoir Modeling Using Hologram, Lab. Geokimia dan Perminyakan, Lab. Aplikasi dan Permodelan Geosains, Lab. Komputasi Geologi, dan Model Analogi juga laboraturium lainnya.


Status ProyekSelesai
Kontraktor-
MK-
PengawasanDirektorat Pengembangan
Durasi Proyek-2017
Tahapan PekerjaanTiga Tahap
Anggaran-
Lokasi Gedung Museum Riset dan Energi III berada di kawasan sebelah utara bagian timur di Kampus Ganesha. Bangunan tahap III terdiri dari 8 lantai dengan 1 basement dengan luasan total berkisar 9.068 m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Direktorat Pengembangan ITB